Review Jurusan Kuliah Manajemen: Bisnis yang efektif dan efisien



Manajemen/Manajemen Bisnis adalah salah satu jurusan terfavorit di Indonesia. Setiap tahunnya puluhan ribu calon mahasiswa mendaftar untuk menjadi mahasiswa Manajemen, baik di perguruan tinggi negeri ataupun swasta. Contohnya adalah program Manajemen Reguler UI, dengan kapasitas tidak lebih dari 200 kursi, dari tahun ketahun peminat jurusan ini melebihi angka 20.000 (akumulasi dari tiga jalur masuk yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK), menjadikan Manajemen Reguler UI menjadi salah satu jurusan paling ketat di Indonesia.

Manajemen adalah ilmu yang sangat luas, akan tetapi kali ini yang dibahas adalah jurusan manajemen yang berkaitan dengan empat fungsi bisnis—empat fungsi tersebut akan dijelaskan selanjutnya. Ilmu manajemen adalah ilmu yang memelajari bagaimana sesuatu dapat dilakukan secara efektif (tepat sasaran) dan efisien (hemat sumber daya). Di jurusan manajemen, kalian akan belajar bagaimana perusahaan dapat mengoptimalkan sumber dayanya untuk mencapai tujuan perusahaan melalui strategi dan taktik perusahaan.

Seperti telah disebutkan sebelumnya, di dalam jurusan manajemen, pada kebanyakan universitas, ada empat peminatan atau konsentrasi yang dipisahkan berdasarkan fungsi bisnis, yaitu:

Sumber Daya Manusia (MSDM)

MSDM adalah manajemen yang merancang, mengorganize, memimpin dan mengontrol segala sesuatu yang berhubungan dengan manusia didalam perusahaan, misalkan pemberian insentfi, gaji, liburan, pelatihan, dsb. Agar dapat menciptakan Manusia manusia yang dapat perform didalam perusahaan

Operasi (MO)

MO adalah manajemen yang mengatur segala sesuatu tentang bagaimana operasi sebuah perusahaan bekerja, misal mengatur bagaimana perusahaan mendapatkan bahan baku kemudian diolah melalui proses sehingga menjadi barang jadi dan kemuadia dapat di gunakan oleh konsumen

Pemasaran (MP)

MP merupakan ujung tombak dari perusahaan, karena fungsi marketing adalah merancang strategi strategi pemasaran agar produk ataupun jasa perusahaan dapat mendapatkan tempat di hati dan pikiran konsumen melalui cara cara yang kreatif dan innovatif

Keuangan (MK)

MK adalah fungsi dalam perusahaan yang mengatur segala sesuatu tentang bagaimana perusahaan mendapatkan modal untuk melakukan operasi dan bagaimana perusahaan berinvestasi dengan harta yang dimilikinya agar semakin meningkatkan nilai dari sebuah perusahaan

Selain dari ke empat konsentrasi tersebut, jurusan manajemen juga memelajari dasar-dasar akuntansi, dasar-dasar ekonomi mikro maupun makro, manajemen risiko, manajemen strategi, perilaku organisasi, dan berbagai macam ilmu lainnya yang menunjang perusahaan untuk  mencapai tujuannya

Buat kamu yang tertarik dengan dunia bisnis, kamu sangat direkomendasikan menjadi mahasiswa di jurusan manajemen karena kamu akan belajar bagaimana proses bisnis dari nol hingga menjadi bisnis yang efektif dan efisien. Di sini kamu bisa berbicara tentang bisnis kapan pun dan dimana pun, karena lingkungannya yang sangat mendukung.

Setelah menjadi sarjana manajemen kamu dapat memiliki berbagai jenis pekerjaan, seperti profesional yang dapat menjadi perusahaan-perusahaan go international, menjadi pengusaha yang mengerti bagaimana seharusnya bisnis berjalan, akademisi yang dapat terus mengembangkan ilmu manajemen, dan masih banyak lagi.

(*)

Muhammad Ihsan Santoso | @ihsAntoso

Marketing Management 2012, UI

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »