Yakin mau kuliah rantau? Perhatikan hali ini sebelum dikira anak ilang!

Bayak murid SMA kelas 3 yang berniat untuk menjadikan masa kuliah sebagai salah satu kesempatan untuk merantai. Mereka cenderung memilih kampus yang terletak jauh dari tempat tinggal mereka. Apakah kamu salah satunya, guys? Ada banyak sekali hal yang semestinya kamu perhatikan dan persiapkan sebleum melanglang buana ke berbagai penjuru demi kuliah. Antara lain:

jadwal sbmptn'




Informasi Lengkap Tempat Tujuan Rantau

Anggaplah kota yang akan kamu tinggali selama merantau nanti sebagai suatu lahan perang. Sebelum bertarung, tentu kamu harus mencari tahu sebanyak mungkin informasi tentang tempat tersebut, kan? Belilah peta, catat alamat dan nomor telepon penting, berapa biaya hidup di sana, dan lain sebagainya. Jangan lupa juga untuk mengenali kondisi dan budaya di kota tujuanmu. Surabaya, misalnya, terkenal dengan hawa panasnya. Kamu bisa mulai menyiapkan diri dari jauh-jauh hari.

Beradaptasi dan Kemampuan Membawa Diri

Sudah mendapat banyak informasi tentang kota tujuan rantau? Selanjutnya, kemampuan beradaptasi dan membawa dirimu akan sangat diuji. Hal ini akan berpengaruh pada kehidupan kuliahmu, lho. Mungkin kamu sudah terbiasa dengan gaya hidup kota tempat tinggalmu di Solo yang cenderung slow. Begitu sampai di Surabaya, kamu pun harus berhadapan dengan karakter penduduk yang lebih blak-blakan. Tidak harus ikut berubah, yang penting kamu mampu menyesuaikan diri.

Kenalan yang Bisa Dimintai Bantuan

Kuliah rantau mengharuskanmu untuk tinggal jauh dari orang tua dan keluarga, membuat kamu mau tidak mau bergantung pada diri sendiri. Coba bayangkan apabila kamu mendadak sakit di tempat rantau. Tidak ada ibu yang merawatmu atau ayah yang segera pergi membelikanmu obat. Oleh sebab itu, meskipun kamu tinggal sendirian, pastikan bahwa kamu memiliki keluarga atau teman super dekat di kota rantau yang bisa dimintai bantuan dalam kondisi darurat.

Komunitas Sesama Perantau

Namanya juga merantau, pasti ada saat-saat kamu akan mengalami yang namanya homesick. Inginnya, sih, langsung pulang ke kota asal, tapi tanggungan tugas kuliah dan kondisi finansial yang kurang memadai menghalangimu untuk melakukan hal tersebut. Jangan khawatir, guys. Di setiap kota, biasanya ada komunitas sesama perantau dari daerah asalmu. Kamu akan menemukan teman-teman senasib yang bisa diajak berkeluh kesah sekaligus mengurangi perasaan homesick.

Nah, bagaimana? Sudah siap untuk kuliah rantau? Pastikan untuk mendiskusikan pilihanmu dengan orang tua, ya. Bagaimanapun juga, restu orang tua akan memegang peranan penting dalam setiap langkah kehidupanmu. Semoga kamu bisa sukses saat merantau nanti, ya!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »