REVIEW JURUSAN KULIAH ARSITEK LANSKAP WORK IN HARMONY

Arsitektur Lanskap mempelajari pengaturan ruang dan orang di alam terbuka, dengan mengkombinasikan elemen-elemen alami ataupun buatan manusia, agar berguna dan tetap indah. Dalam hal ini, Arsitektur Lanskap ada sebagai suatu ilmu yang dapat menyelaraskan kehidupan manusia dengan alam, sehingga keduanya bisa terus hidup seimbang dan saling menguntungkan.

Kalau Arsitektur mengurus bangunannya, Arsitektur Lanskap menata sekeliling bangunannya (alam terbuka). Contoh karya Arsitektur Lanskap yang paling sering ditemui antara lain pekarangan, taman kantor, taman atap, taman lingkungan, area pejalan kaki, jalur sepeda, kebun raya, hutan kota, taman di tempat wisata, area pesisir pantai, area resort, taman nasional, dan area sempadan sungai. Tidak hanya per lokasi, tapi Arsitektur Lanskap juga mencakup cara menata kawasan kota yang didominasi oleh area bangunan (cityscape), dan daerah pedesaan di mana lanskap alami dan lanskap pertanian merupakan pemandangan dominan (ruralscape).

*


Pada awalnya, kami belajar teori dasar arsitektur lanskap. Kemudian diberi ilmu pengantar seni dan arsitektur, teori desain dan cara mengaplikasikannya dalam suatu karya seni, sejarah arsitektur dan arsitekur lanskap, cara menginventarisasi keadaan suatu lanskap, cara menggambar sketsa, teknik studio (menggambar teknik perspektif, shading, dan lettering).



Setelah diajarkan ilmu-ilmu dasar, mahasiswa diajarkan keanekaragaman dunia tanaman serta bagaimana cara menata dan mendesain penanaman tanaman tersebut. Selain tanaman, kita juga diajarkan sekilas tentang konstruksi bangunan, terutama bangunan pendukung bangunan utama seperti pergola, struktur atap, pembuatan pondasi dan pilar pada bangunan. Hal ini dikarenakan, dalam suatu penataan ruang outdoor, perlu ada integrasi antara elemen softscape (tanaman) serta hardscape (elemen keras pendukung).

Setelah menyelesaikan studi di jurusan ini, mahasiswa diharapkan dapat membuat suatu perencanaan hingga pengelolaan lanskap secara utuh. Mulai dari tahapan survei, inventarisasi, pembuatan peta kontur, analisis potensi dan kendala di dalam suatu lahan, analisis kesesuaian lahan, pembuatan rencana tapak (site plan), pembuatan desain dan detil konstruksi, serta pembuatan rencana pengelolaan tapak.

Kalau bisa dibilang, temen-temen nantinya bakal diberikan ilmu dan juga seni secara seimbang. Karena ilmu teori itu disampaikan pada jam perkuliahan, sementara pengembangan dan aplikasi ilmu bakal dipakai banget di waktu praktikumnya. Contohnya di mata kuliah “teori desain lanskap”, kita bakal belajar tentang warna primer, sekunder, dan tersier. Sementara di jam praktikum kita akan dapat tugas menggambar perpaduan warna-warna tersebut sesuai dengan perintah.

*

Yang jelas, mau kuliah di jurusan apapun kalau ga suka ya bakal berat ngejalaninnya, hehe. Sama halnya kuliah di jurusan Arsitektur Lanskap. Selama jadi mahasiswa di jurusan ini, tugas yang diberikan biasanya berupa makalah, gambar-gambar hasil desain, presentasi, poster, maket, dan booklet. Gambarnya bisa berupa hasil freehand maupun computerize,

. Kalau boleh jujur, tugas-tugas ini sangat menyita waktu, terutama untuk tugas-tugas yang menuntut kreativitas tinggi buat selesai, hehe. Bukan lebay sih, tapi ga sedikit temen-temen yang banyak lupa waktu saking asiknya ngerjain tugas. Makanya gak jarang mahasiswa ini mengorbankan jam tidur dan istirahatnya untuk ngerjain tugas, baik tugas individu maupun kelompok.

image
Serunya kuliah di jurusan ini mau gak mau kita harus sering-sering pegang alat gambar lagi kayak jaman TK, pensil warna, crayon, pastel, cat air, berbagai macam drawing pen (mulai 0,01 sampai 0,7), juga satu set rapido. Selain itu kita juga akan diajarkan cara penggunaan berbagai software desain grafis dari nol, baik desain 2 dimensi maupun 3 dimensi. Contoh software yang umumnya dipakai antara lain Auto CAD, Google Sketchup Pro, Bryce, Lumion, dan Adobe Photoshop. Jadi, buat kamu yang memang hobi gambar dan desain, ga ada salahnya masuk jurusan ini juga. Hehe

Selain itu, karena Arsitektur Lanskap ini mengajarkan gimana caranya kita menata kawasan outdoor, makanya kita sering banget punya jadwal praktikum yang di luar kelas. Mulai dari lokasi praktikum yang di sekeliling kampus, sampai yang survei ke lokasi-lokasi yang jauh untuk sekedar survei, studi banding, dan pemenuhan tugas. Lokasi yang biasanya dikunjungi antara lain kebun raya, taman-taman kota, kampung budaya, taman nasional, dan banyak tempat wisata. Makanya jurusan ini juga oke buat kamu yang punya hobi travelling.

Di bidang keilmuan, seorang arsitek lanskap bisa jadi peneliti di bidang lingkungan hidup, perencanaan wilayah/daerah, tata kota, pekerjaan umum, konservasi sumberdaya alam, kawasan daerah aliran sungai (DAS), dan lain-lain yang menyangkut interaksi manusia dengan lingkungan alam sekitar. Arsitek lanskap juga bisa masuk ke dunia konsultan perencanaan dan desain lanskap, kontraktor lanskap, property developer, nursery (penyedia dan pembibitan aneka tanaman lanskap). Selain ini, ada beberapa profesi lainnya yang juga bisa digeluti, terutama profesi yang usaha yang bergerak di bidang desain dan seni seperti desain grafis, desain produk, animator, fotografi, sketcher, konsultan desain, dan pengusaha di bidang jasa desain taman interior untuk kegiatan besar seperti seminar dan pernikahan.

*

Azka Lathifa Zahratu Azra | @azkaazra

Arsitektur Lanskap 2009, IPB

alzazra@gmail.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »