Langkah Jitu Belajar Supaya LOLOS SBMPTN dan Menjawab Banyak SOAL



SBMPTN adalah salah satu seleksi masuk ke Perguruan Tinggi Negeri favorit. Makanya, persiapan SBMPTN sangat perlu dilakukan. Hal itu berguna agar kamu mendapatkan nilai tinggi dan dapat bersaing dengan peserta SBMPTN lainnya. Secara, kamu harus bersaing dengan ratusan ribu peserta dari seluruh Indonesia lho, guys.

Pokoknya, jangan sampai karena kamu tidak memahami materi yang diujikan, kamu jadi tidak bisa menjawab yang akhirnya banyak soal yang tidak kamu isi. Memang sih, jika tidak yakin dengan jawabanmu lebih baik tidak kamu isi karena dapat mengurangi nilai. Tapi kalau tidak kamu isi, nilaimu juga tidak bisa bertambah. Makanya kamu harus menjawab banyak soal dengan tepat. Terus gimana cara belajar SBMPTN 2016 biar tidak banyak soal yang tak dijawab? Tenang, berikut ini cara-cara ampuh yang bisa kamu terapkan dalam proses belajarmu.



Ketahui kisi-kisinya

Tidak hanya Ujian Nasional 2016 saja yang ada kisi-kisinya. SBMPTN 2016 juga ada kok kisi-kisinya. Kisi-kisi ini berfungsi agar kamu mengetahui dengan pasti materi apa saja yang akan diujikan di tes SBMPTN 2016. Kalau kamu tahu kisi-kisinya, proses belajarmu pun akan lebih fokus sehingga materi yang dipelajari tidak terlalu luas dan dapat kamu kuasai semuanya. Sekarang kamu sudah tahu kan fungsi kisi-kisi SBMPTN 2016? Kalau perlu, catat dan tempelkan di meja belajarmu.

Perdalam materi yang sekiranya kurang kamu pahami

Setelah tahu kisi-kisinya, langkah selanjutnya adalah cari tahu materi mana saja yang sekiranya kurang kamu pahami, guys. Jika sudah tahu, belajarlah lebih rajin lagi untuk memperdalam pemahaman akan materi yang kurang kamu pahami tersebut. Ada dua cara efektif dan ampuh untuk dapat memahami materi, yaitu mind mapping dan system kartu.

Mind Mapping

Mind mapping adalah metode belajar dengan cara membuat catatan sekreatif mungkin dengan memetakan materi pelajaran menjadi lebih mudah iplejari dan dipahami. Bentuknya akan seperti diagram yang mana terdapat topic utama yang diikuti oleh penjelasannya. Pokoknya, dalam satu kertas, kamu mendapat banyak banget materi.

Cara membuatnya simple banget guys. Sebagai contoh, kamu ingin belajar tentang pulau-pulau di Indonesia. Buatlah lingkaran di tengah-tengah kertas yang di dalamnya bertuliskan Indonesia. Lalu buatlah garis-garis di sekeliling lingkaran tersebut di mana di ujung garis, tulislah salah satu pulau yang ada di Indonesia. Jumlah garisnya sesuaikan dengan jumlah pulau di Indonesia ya. Nanti di setiap pulau kamu bisa menambahkan garis-garis lagi untuk menjelaskan provinsi apa saja yang ada di pulau tersebut. Agar lebih menarik, kamu bisa menambahkan warna dan gambar lho. Dengan begini, belajar tidak akan membosankan lagi.

Sistem Kartu

Selain membuat mind mapping, kamu juga bisa belajar dengan membuat sistem kartu. Caranya dengan memotong kertas menjadi seukuran kartu. Nantinya di kertas tersebut dapat kamu tulis tentang materi tes SBMPTN. Tidak perlu terlalu detil, tapi mampu mencakup poin-poin penting materi ujian dan dapat membuatmu paham. Cara ini juga tidak kalah praktis karena ukuran kartu yang kecil sehingga bisa kamu masukkan kantong dan dibawa-bawa kemana saja.

Banyak mengerjakan latihan soal SBMPTN

Sering mengerjakan latihan soal efektif membuat kamu makin paham dengan suatu materi pelajaran lho, guys. Karena dengan mengerjakan soal, kamu dituntut paham agar bisa menjawab soal tersebut dengan benar. Selain itu, dengan sering mengerjakan soal, kamu akan mendapat banyak sekali model soal, dimana masing-masing model soal tersebut pasti akan memberimu tantangan baru dan pemhaman baru akan suatu materi.

Ikut bimbingan belajar

Kamu merasa bingung harus belajar dari mana ataupun suka tidak fokus dalam belajar SBMPTN? Kalau begitu, kamu ikut saja bimbingan belajar. Dengan mengkuti bimbingan belajar, kamu akan lebih fokus untuk mempelajati tes SBMPTN. Di bimbingan belajar, kamu juga akan dengan mudah mendapatkan banyak sekali latihan soal dan Try Out. Sehingga dapat mengukur kemampuanmu dalam memahami materi. Tutor yang ada di bimbingan belajar juga pasti siap sedia membantumu kapanpun.

Kamu bisa ikut bimbingan belajar biasa, atau bimbingan belajar online. Masing-masing mempunyai kekurangan dan kelebihannya sendiri, guys. Tapi, untuk kamu yang ingin bisa mendapat kemudahan belajar dimanapun dan kapanpun, kamu bisa memilih bimbingan belajar online.



Jangan malu bertanya pada siapapun

Cara selanjutnya adalah, jangan pernah malu untuk bertanya atau meminta penjelasan akan materi tes SBMPTN yang belum kamu pahami. Kamu bisa bertanya pada teman kamu yang sudah mengerti, bapak dan ibu guru atau bertanya pada tutormu.

Nah, itu dia cara belajar yang efektif dalam menghadapi sbmptn 2016 yang dapat membantumu mengerjakan soal sbmptn sehingga bisa mendapatkan hasil maksimal. Jadi, dengan begitu, peluangmu untuk tembus dan diterima di PTN favorit yang kamu inginkan akan lebih besar.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »