Kunci Memilih Jurusan Kuliah yang Harus Diketahui Calon Mahasiswa Baru

Saat memasuki kelas 12 SMA pasti kita terbayang-bayang bagaimana rasanya menjadi mahasiswa dan bagaimana rasanya kuliah di jurusan yang kita inginkan. Tapi sering kali kita galau dalam memilih jurusan kuliah yang tepat dan sesuai dengan apa yang kita mau. Banyak hal yang menjadi pertimbangan yang akan membuat kita galau dan semakin ragu dalam memilih jurusan kuliah.







Kuliah akan terasa ringan dan menyenangkan jika pilihat jurusan yang kita pilih sangat tepat. Sebalknya jika kamu memilih jurusan yang tidak tepat, maka siap-siaplah masa kuliahmu akan teraasa berat dan membosankan, tapi ada juga yang awalnya merasa tersesat lama kelamaan terasa betah dan cocok dengan jurusan yang dipilihnya.
Bagi mahasiswa Universitas Petra Surabaya, Beatha Anandika, dalam menentukan jurusan kuliah, ada baiknya memutuskan berdasarkan passion yang kita miliki.
"Dengan passion, kita bisa tahu profesi apa yang ingin dijalani nantinya sehingga pilihan jurusan kuliah pun bisa disesuaikan," ungkapnya saat dihubungi Okezone, belum lama ini.
Dalam memilih jurusan kuliah, kita juga pantang mengikuti langkah teman kita. Pasalnya, banyak calon mahasiswa mengikuti pilihan teman mereka.
"Jangan ikut-ikutan teman mau ambil jurusan apa. Karena kan setiap orang beda-beda passion-nya. Kita juga perlu untuk membuat rencana per tahun, supaya yang dijalani bisa terstruktur dan dapat diukur," ujarnya.

Passion juga menjadi kunci Alif Quita Nopianti dalam memilih jurusan kuliah. Menurut mahasiswa London School Public Relation itu, kita sebaiknya tidak terpaku dengan lapangan pekerjaan yang saat ini banyak diminati. Misalnya, saat ini perusahaan IT sedang booming, maka kita memaksakan diri untuk ambil jurusan IT.
Alif, sapaan akrabnya, juga tidak setuju bila beberapa jurusan tertentu dianggap tidak laku  dalam dunia kerja. Dia mengaggap, tidak mungkin suatu jurusan kuliah diadakan bila nantinya tidak bisa membawa seseorang menjadi sukses.

"Hal terpenting adalah passion kita sendiri. Lowongan kerja kan bisa juga kita ciptakan, belum lagi sekarang zamannya bekerja lintas jurusan," pungkasnyaBagaimana tipsnya kerenkan? So, jangan terburu-buru dalam memilih jurusan kuliah, karena pilihan tersebut akan menentukan perkuliahan kamu mendatang.
Jika tip ini terasa bermanfaat, silakan share ke teman-temanmu, dengan cara klik bagikan!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »